Berita

Rapat Pleno Perbaikan Data Pemilih Sementara, Wabup Hanies Minta Jaga Kevalidan Data

REMBANG, Jateng– Pada tahap Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih) yang masih berjalan, partisipasi masyarakat sangat diharapkan, untuk memeriksa kepesertaannya sebagai pemilih pada Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang M Ika Iqbal Fahmi, pada rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) Pemilu 2024 tingkat kabupaten, di aula lantai IV gedung Setda Rembang, Kamis (11/5/2023).

“Bisa di cek di website kami secara online, dengan memasukan NIK. Kalau memang belum terdaftar bisa langsung menghubungi PPS terdekat atau PPK, atau bisa langsung ke KPU,” jelasnya.

Disampaikan, penetapan DPSHP sebelumnya, telah dilakukan secara kolaborasi bersama Bawaslu, baik tingkat desa/kelurahan, kemudian tingkat kecamatan, yang kemudian diplenokan di tingkat kabupaten. Semua itu dilakukan, untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas, terlebih pada Pemilu 2024 ada dua agenda pesta demokrasi yakni Pemilu dan Pilkada.

Dari hasil verifikasi,lanjutnya, ada 2.197 pemilih yang tidak memenuhi syarat dan ada 938 pemilih baru, dari jumlah pemilih aktif sebanyak 499.206. Sedangkan untuk jumlah perbaikan data pemilih sebanyak 3.094 orang, serta jumlah pemilih potensial non-KTP elektronik sebanyak 8.053 orang. Total tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 Kecamatan dan 294 desa/kelurahan, sebanyak 2.201 TPS.

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro’, mengapresiasi kerja keras KPU dan petugas yang terlibat dalam penyajian data yang valid. Dirinya berharap, kevalidan dalam penyajian DPSHP dapat terus dijaga dengan baik.

“Ini (DPSHP) sepertinya juga dibuka di publik, untuk mendapatkan masukan dari publik atau masyarakat luas. Saya meyakini, ini adalah salah satu ikhtiar kita bersama untuk menyajikan atau melaksanakan pemilihan umum yang benar-benar bermutu,” ungkap wabup.

Menurutnya, DPSHP yang valid sangat dibutuhkan bagi partai politik peserta Pemilu. KPU dalam hal ini telah mengalami kemajuan dalam penyajian data pemilu di 2024 mendatang.

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, Sukoharjo, Polres Rembang, Rembang, Pemkab Rembang, Polres Humbahas, Kab. Sukoharjo, Polda Jateng, Jateng

Related Posts

1 of 2,649

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *