Berita

Prioritas Keketuaan ASEAN Indonesia Jadi Fokus Pertemuan Pejabat Senior

JAKARTA – Pertemuan Pejabat Senior ASEAN atau ASEAN Senior Officials’ Meeting/SOM yang digelar Senin (8/5/2023) di The Golo Mori Convention Center, Kawasan MICE Golo Mori, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur telah membahas prioritas Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 serta persiapan pertemuan tingkat menteri luar negeri negara ASEAN dan pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Sidharto Reza Suryodipuro selaku SOM Leader Indonesia, saat Press Briefing di Media Center KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, usai SOM.

“Hubungan eksternal ASEAN, seperti aplikasi aksesi Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara, antara lain oleh Arab Saudi, Panama, dan Spanyol, juga turut dibahas dalam SOM,” katanya.

Rencana penyelenggaraan KTT ASEAN-Kanada, ASEAN Gulf Cooperation Council, dan Konferensi ASEAN Shared Civilization Values, diungkapkan Sidharto, juga turut menjadi topik pembahasan.

Selain SOM, telah diselenggarakan juga pertemuan ASEAN Coordinating Council Working Group on Timor-Leste. Kedua pertemuan dihadiri oleh sebelas negara anggota ASEAN, termasuk Timor-Leste sebagai anggota secara prinsip, serta Myanmar dengan perwakilan tingkatan non-politis.

Terkait keanggotaan Timor-Leste, kata Sidharto, telah dibahas peta jalan yang memuat unsur penting seperti instrumen hukum, skema kontribusi finansial, dan penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara Timor Leste, dalam rangka mempersiapkan negara tersebut menuju partisipasi penuh di ASEAN.

Pembahasan prioritas Indonesia dan kepentingan bersama ASEAN, akan lanjut dibahas pada pertemuan tingkat menteri luar negeri hari Selasa (9/5/2023), sebelum kemudian dibahas pada KTT ke-42 ASEAN 2023.

Related Posts

1 of 2,652

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *