BeritaNasional

PKS dan PAN Telah Daftarkan Bacaleg-nya ke KPU Sukoharjo

SUKOHARJO, Jateng Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukoharjo dan DPD Partai Amanat Nasional (PAN) mendaftarkan masing-masing 45 bakal calon legislatif (bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Jumat (12/5/2023).

Dalam seremonial pendaftaran ini, rombongan DPD PKS Kabupaten Sukoharjo membawa simbol tokoh Semar. Sedangkan rombongan DPD PAN membawa kesenian gamelan yang mengantar para bacaleg mengajukan berkas pendaftaran ke kantor KPU.

Ketua DPD PKS Sukoharjo Sigit Budi Raharjo mengatakan pada tahapan Pemilu 2024 pengajuan bacaleg DPRD Sukoharjo pihaknya mengajukan 45 orang atau memenuhi 100 persen kuota. Dari 45 orang 15 di antaranya merupakan bacaleg perempuan atau setara dengan 33 persen keterwakilan perempuan dan telah memenuhi ketentuan.

“Kami juga mengajukan bacaleg generasi milenial sejumlah 18 persen untuk merespons sekaligus mengapresiasi generasi muda turut berpartisipasi aktif dalam politik. Untuk berkontribusi dalam pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” terang Sigit usai pendaftaran bacaleg, Jumat (12/5/2023).

Sejumlah bacaleg milenial itu ada yang berasal dari pengkaderan ada juga yang berasal dari masyarakat umum. Sigit membeberkan sebelumnya pada Pemilu 2019 PKS mendapatkan lima kursi. Sementara pada Pemilu 2024 mendatang pihaknya menargetkan di masing-masing dapil ada penambahan kursi sehingga ada sejumlah 10 kursi.

“Dari 5 anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo dari PKS, ada 3 incumben yang kembali mendaftarkan sebagai Bacaleg DPRD Kabupaten Sukoharjo, sedangkan 1 mendaftarkan diri ke DPRD Provinsi dan 1 ke DPR RI,” katanya.

Dalam kehadirannya ada beberapa bacaleg yang tak dapat mengikuti pendaftaran tersebut. Namun ia memastikan pihaknya telah memenuhi persyaratan pendaftaran sesuai ketentuan. Dalam pendaftarannya ia juga membawa seorang pria berdandan tokoh Semar mengiringi pendaftaran tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kabupaten Sunoto bersama pengurus DPD PAN Sukoharjo dan para Bacaleg juga mengajukan berkas pendaftaran. Mereka diiringi Gending “Kebo Giro” saat memasuki pendapa KPU Kabupaten Sukoharjo.

“Kami penuhi kuota 100 persen, yakni 45 Bacaleg. Terdiri dari Laki-laki 26 Perempuan 19. Lalu, 11 diantaranya adalah Bacaleg Milenial,” kata Sunoto.

Menurut Sunoto, jumlah kursi pada Pileg sebelumnya PAN hanya meraih 5 kursi di DPRD Sukoharjo. Dari jumlah tersebut hanya 4 anggota legislatif yang akan kembali bertarung. Sedangkan untuk target perolehan kursi, Sunoto meyakini akan mendapatkan 10 kursi.

“Kami targetkan 10 kursi. Kami yakin karena semakin banyak dukungan terhadap PAN,” kata Sunoto.

Atas dua parpol yang mengajukan berkas itu, Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo Nuril Huda mengatakan bahwa berkas Partai PKS dan PAN dinyatakan lengkap dan diterima.

“Besuk dijadwalkan ada sejumlah parpol yang akan mendaftarkan diri. Yakni, PSI, Gerindra, PKB, Golkar dan Perindo,” kata Nuril.

Sumber: radarsolo.jawapos.com

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, Pemkab Sukoharjo, Polres Humbahas, Polda Jateng, Jateng, Polda Kalbar, Polda Kaltara, Polda Sumut, Polres Pati, Polres Batang

Related Posts

1 of 2,652

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *