Berita

Petani di Rembang Mulai Dikenalkan Pada Teknologi Biosaka

REMBANG, Jateng – Teknologi biosaka mulai dikenalkan kepada para petani di Kabupaten Rembang. Sebab, teknologi biosaka dinilai memiliki keuntungan bagi para petani.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto menyampaikan, dengan menggunakan teknologi biosaka, petani dapat berhemat penggunaan pupuk kimia dari pabrik hingga 50 persen. Sehingga, teknologi biosaka juga dapat membantu pemerintah dalam mengatasi kendala subsidi pupuk.

Disampaikan, biosaka dibuat dari bahan-bahan alami, yaitu dari lima jenis tanaman hijau. Seperti, rumput-rumputan yang sehat dan berkualitas, tidak dimakan hama.

“Pupuk biosaka terbuat dari lima jenis tanaman hijau yang di remas, kemudian dimasukkan ke dalam bak berisi air lima liter. Setelah lengket dan berminyak, air tersebut disaring dan dimasukkan ke dalam botol kemudian didiamkan selama tiga hingga lima hari,” ujarnya, saat ditemui di kantornya, Rabu (10/5/2023).

Agus menjelaskan, biosaka diaplikasikan dengan menyemprotkannya ke tanaman, mengikuti arah angin dan dikabutkan. Setingan semprotan pada alat, dibuat agar airnya keluar butiran-butiran kecil, seperti kabut.

“Petani kita ajari langsung pembuatan elsitor biosaka. Sifatnya biosaka ini perangsang tanaman, untuk bisa lebih adaptif menolak hama dan tumbuh lebih bagus,” terangnya.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Fajar Riza Dwi Sasongko, menambahkan para petani di 14 kecamatan sudah mengikuti pengenalan dan cara pembuatan biosaka langsung dari penemunya. Setelah pelatihan, pihaknya mencoba ada percontohan di setiap wilayah binaan penyuluh.

“Ini masih terus kita sosialisasi, melalui forum pertemuan massal, juga langsung bertemu petani di sawah. Kami menghimbau kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di setiap wilayah binaannya, agar ada plot aplikasi biosaka,” tandasnya.

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, Pemkab Sukoharjo, Polres Rembang, Pemkab Rembang, Polres Humbahas, Polda Jateng, Jateng, Polda Kalbar, Polda Kaltara, Polda Sumut, Polres Pati, Polres Batang

Related Posts

1 of 2,629

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *