BeritaKriminalitasNasional

Personil Polsek & Koramil Rembang Kota Menggelar Pam Tradisi Larung Sesaji 

REMBANG, Jateng – Gabungan personel Polsek Rembang Kota Polres Rembang dan Koramil Rembang diturunkan guna melakanakan pengamanan Larung sesaji dalam rangka Sedekah Laut yang digelar oleh warga Desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, Senin (1/5/2023) pagi.

Kegiatan yang dihadiri ratusan warga setempat tersebut diawali dengan prosesi adat yang digelar di Balaidesa setempat.

Tampak dalam prosesi tersebut, beberapa miniatur Kapal yang berisi bermacam sesaji. Tampak juga kepala kerbau yang nantinya akan dilarungkan bersama sesaji lainya di tengah laut. Dan diikuti 15 perahu Nelayan setempat.

Panitia kegiatan tersebut menyampaikan bahwa prosesi larung sesaji dalam rangka sedekah laut tersebut merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa nelayan.

Dikatakan oleh panitia, hal tersebut sebagai perwujudan rasa bersyukur setiap manusia atas semua kenikmatan yang telah diterima nya dari sang pencipta yang mempunyai banyak cara, baik yang sesuai dengan tuntunan agama maupun melalui adat istiadat suatu wilayah.

“ Larung sesaji merupakan salah satu adat istiadat perwujudan rasa bersyukur warga masyarakat kaum nelayan yang selalu di lakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa sebagai ungkapan rasa bersyukur atas semua yang telah diterimanya dari sang pencipta Allah SWT selama masa 1 tahun sebelumnya,” jelasnya.

“ Setelah melalui prosesi adat, selanjutnya sesaji tersebut dilarung ketengah laut dengan menggunakan kapal,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Rembang Kota AKP Sunarto ditemui terpisah mengungkapakan, pihaknya selalu menghimbau kepada warga untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan saat melakukan prosesi larung sesaji.

“ Alhamdulillah kegiatan yang berlangsung dari pagi tersebut berlangsung dengan aman dan lancar,” jelas Sunarto.

 

Related Posts

1 of 2,614

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *