BeritaNasional

Pemkab Batang Serahkan 6.667 Bantuan Pangan Mentah untuk Entaskan Stunting

BATANG, Jateng – Pemerintah Kabupaten Batang mendistribusikan bantuan pangan di Pendopo Kantor Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (11/5/2023).

Langkah ini sebagai upaya pengentasan stunting di Kabupaten Batang. Penerima bantuan pangan sebanyak 6.667 keluarga dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Batang. Penyaluran bantuan ini bekerjasama dengan Pos Indonesia Cabang Pekalongan sebagai penyalur, yang ditunjuk oleh Badan Perancangan Pembangunan Nasional mulai tanggal 11 sampai 13 Mei 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hari ini pihaknya mulai distribusikan bantuan pangan untuk keluarga yang beresiko stunting.

“Bantuan pangan diberikan supaya anak-anak Balita di Kabupaten Batang terbebas dari stunting dan ibu-ibu yang sedang hamil diupayakan pemantauan gizinya yang berharap bayinya saat dilahirkan tidak stunting,” jelasnya.

Maka, kegiatan ini salah satu upaya pemerintah memberikan tambahan gizi kepada masyarakat Kabupaten Batang.

“Bantuan pangan berupa bahan makanan mentah meliputi 1 kg daging ayam dan 10 butir telur dengan rincian standar daging ayam berat bersih 0,9 kg dan perbutir telur harus 6,5 gram beratnya yang akan diterima tiga tahap selama tiga bulan,” tuturnya.

Perlu diperhatikan para penerima bantuan pangan supaya langsung mengamankan bahan makanan yang memang berbentuk mentah ini supaya disimpan di freezer atau kulkas jika belum ingin dimasak, agar tetap terjaga kesegarannya.

“Adanya bantuan pangan patut kita syukuri bersama dari Pemerintah untuk masyarakat. Selain itu masih banyak lagi bantuan dari Pemerintah yang sudah disalurkan yang berbentuk uang tunai hingga paket sembako,” ujar dia.

Sementara itu, Deputi EGM kantor cabang utama PT Pos Pekalongan Yudi Bayu Wardhana mengatakan, bahwa pihaknya ditunjuk sebagai penyalur bantuan pangan yang memang wilayah kerjanya yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang.

“Total kami menyalurkan 6.667 bantuan pangan yang rinciannya ada 3.333 bantuan pangan yang disalurkan di 12 kecamatan yang sisanya disalurkan pada tanggal 13 Mei 2023,” ungkapnya.

Sistem penyalurannya ada titik-titik yang sudah ditentukan sesuai dengan koordinasi pihak kelurahan dan desa serta kecamatan.

Penyalurannya kami menggunakan aplikasi yang disitu penerima bantuan membawa bukti diri yang sebelumnya sudah ada surat pemberitahuan penerima.

“Penerima bantuan pangan akan menerima daging ayam, telur beserta Goody Bag (tas), sehingga bulan depannya tas tersebut harus dibawa kembali untuk mengambil penyaluran tahap berikutnya,” tandasnya.

Sumber: jateng.herald.id

 

Polda Jateng, Jateng, Polrestabes Semarang, Polres Rembang, Polres Sukoharjo, Polres Humbahas, Polres Pangandaran, Pangandaran, Polres Pati, Polres Batang, Polda Kalbar, Polda Kaltara, Polda Sumut

Related Posts

1 of 2,630

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *