BeritaKriminalitas

Pelaku Pemutilasi Hidup-hidup Bos di Semarang Tunjukan Ekspresi Cengegesa

SEMARANG, Jateng – Muhammad Husen (28) ditetapkan sebagai tersangka utama pembunuhan dan mutilasi bos depot air isi ulang di Tembalang, Semarang, Irwan Hutagalung (53). Sosok Husen sempat jadi sorotan karena pembawaannya yang cengengesan usai ditangkap.

Ekspresi cengengesan itu tampak saat Husen dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolrestabes Semarang, Rabu (11/5/2023). Saat itu, Husen tampak tenang menceritakan momen pembunuhan sadis yang dia lakukan ke bosnya.

Pantauan detikJateng, bagian bibir Husen memang tampak asimetris sehingga terlihat seolah selalu tersenyum. Namun ada beberapa momen Husen sengaja tersenyum, bahkan tertawa. Dia pun bisa dengan tenang saat menjawab pertanyaan Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar.

Saat ditanya Irwan alasan Husen menceritakan pembunuhan Irwan kepada penjual angkringan bernama Imam, Husen hanya tersenyum. Pria asal Banjarnegara itu mengatakan cuma ada Imam yang ada di sekitarnya yang dia kenal.

“Cuma ada dia di sana,” kata Husen di Mapolrestabes Semarang.

Husen sempat kabur ke kampung halamannya di Banjarnegara setelah beraksi. Saat ditanya alasannya kabur, Husen pun menjawab dengan nyeleneh, bahkan tersenyum hingga tertawa.

“Kalau saya tidak lari, keenakan petugas kepolisian,” ujar Husen sambil tersenyum dan tertawa.

Kontras dengan Perbuatan Sadisnya

Ekspresi Husen yang cengengesan ini kontras dengan perbuatannya yang tergolong sadis. Untuk diketahui, Husen menganiaya bos depot air minum isi ulang Semarang pada Kamis (4/5) malam. Dia sempat meninggalkan bosnya dalam kondisi kritis setelah menganiayanya dengan linggis.

Husen pun sempat nongkrong di angkringan sebelum kembali melakukan perbuatan keji terhadap bosnya. Lalu pada Jumat (5/5) Subuh, Husen tega memutilasi bosnya dalam kondisi hidup-hidup.

Setelahnya, Husen juga mengecor tubuh korban di lorong samping depot. Tubuh Irwan pun dimutilasi menjadi empat bagian.

“Karena tangannya dipakai buat mukul saya. Kalau kepalanya karena dia suka ngomelin saya aja,” kata Imam dengan tenang.

“Nggak (tidak menyesal), puas,” tegasnya.

Akhirnya Ngaku Menyesal

Namun selang beberapa hari, Husen meralat pernyataannya itu. Dia mengaku menyesal dan menyatakan permintaan maaf kepada keluarga korban.

“Mohon maaf kepada keluarga korban atas perilaku saya,” ujarnya saat menghadiri prarekonstruksi di depot air minum, Jalan Mulawarman Raya, Semarang, Jumat (12/5/2023).

Husen mengaku menyesal melakukan perbuatannya setelah melalui perenungan selama di tahanan. Dia mengulangi lagi permohonan maaf itu di hadapan awak media.

“Saya menyesal telah melakukan ini semua sekali lagi saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya,” lanjutnya.

Meski begitu, polisi belum akan melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Husen. Polisi menyebut Husen masih konsisten saat memberikan keterangan.

Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Semarang, Iptu Dionisius Yudi mengatakan hingga saat ini belum ditemukan kondisi tidak normal pada tersangka. Namun jika nanti ditemukan indikasi maka akan segera berkoordinasi dengan rumah sakit.

“Sementara belum periksa kejiwaan. Apabila kita temukan misalnya sedikit kondisi tersangka tidak normal, akan koordinasi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kejiwaan,” kata Dion di lokasi prarekonstruksi, depot air isi ulang, Jalan Mulawarman, Tembalang, Kota Semarang, Jumat (12/5).

“Sampai saat ini tersangka masih konsisten dalam keterangannya,” imbuhnya.

Saat ini, polisi menetapkan Husen sebagai pelaku tunggal pembunuhan Irwan Hutagalung. Atas perbuatannya, Husen pun dijerat dengan Pasal 340 pembunuhan berencana dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

“Dari hasil penyelidikan mengerucut kepada pelaku, sekarang sudah kita jadikan pelaku di sini atas nama Muhammad Husen ini adalah pelaku tunggal,” ujar Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar.

sumber: detikjateng

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, Pemkab Sukoharjo, Polres Humbahas, Polda Jateng, Jateng, Polda Kalbar, Polda Kaltara, Polda Sumut, Polres Pati, Polres Batang

Related Posts

1 of 2,651

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *