BeritaHukumInvestigasi

Kapolda Jateng Sebut Angka Kecelakaan saat Operasi Ketupat 2023 Turun 33%

SEMARANG, Jateng – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, mengklaim angka kecelakaan lalu lintas di Jateng turun selama Operasi Ketupat Candi 2023. Penurunan angka kecelakaan 33 persen dibandingkan tahun lalu.

“Angka kecelakaan lalu lintas menurun 33 persen, artinya keberhasilan operasi ini saya sebagai Kapolda mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat kita yang telah ikut serta membantu kelancaran operasi ketupat candi yaitu mudik dan balik,” kata Luthfi kepada wartawan selepas berkunjung di Pospam Puri Polresta Pati, Senin (1/5/2023).

Berdasarkan rekapitulasi Laka Lantas dikutip dari Humas Polda Jateng, selama arus mudik operasi ketupat 2023 periode 18-23 April 2023 tercatat sebanyak 1.457 kasus kecelakaan. Sementara di tahun 2022 tercatat sebanyak 1.789 kasus.

Luthfi mengatakan selama operasi ketupat 2023 tidak ada kecelakaan yang menonjol. Namun sebelum dilakukan operasi ketupat terdapat kecelakaan yang parah menyebabkan delapan orang meninggal dunia di Boyolali.

“Selama operasi tidak ada kecelakaan yang menonjol, tapi sebelum operasi ada di wilayah Boyolali, jadi langka ada korban meninggal 8 orang, tapi itu sebelum operasi,” jelasnya.

Dia mengatakan pelaksanaan arus mudik dan balik berlangsung lancar. Kata dia tidak ada kasus yang menonjol.

“Dengan harapan ditutupnya operasi ketupat candi nanti semua berjalan tidak ada kasus menonjol,” kata Luthfi.

Dia melanjutkan adapun angka pemudik di Jawa Tengah mengalami kenaikan hingga 300 persen. Luthfi mencatat ada 1.000.720 kendaraan dengan jumlah 4.000.600 masyarakat yang mudik ke Jawa Tengah.

“Jumlah kendaraan 1.000.720 kendaraan, maka orangnya adalah 4.000.600 masyarakat yang mudik di Jawa Tengah, kenaikannya hampir di atas 300 persen untuk di wilayah Jawa Tengah,” jelasnya.

Dia menambahkan pemudik tahun ini mendapatkan fasilitas mudik gratis. Hal ini menjadi salah satu faktor menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Ada beberapa pemudik gratis yang dilakukan PT Pelni, jadi masyarakat banyak yang menggunakan fasilitas-fasilitas yang difasilitasi Menteri BUMN sehingga tidak di jalan, jadi masuk kapal atau kereta api itu sangat membantu khususnya yang roda dua,” ungkap dia.

sumber: detikjateng

Related Posts

1 of 2,651

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *