Berita

Jelang Pemilu, Pemkab Batang Akan Melaksanakan Pilkades Serentak

BATANG, Jateng – Pemerintah Kabupaten Batang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak tahun 2023. Total ada tiga desa yang akan menggelar pilkades dari dua kecamatan.

Yang melaksanakan pilkades yaiti Desa Pretek Kecamatan Pecalungan dan Desa Lebo, Desa Cepatan Kecamatan Warungasem,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang, Rusmanto di kantornya, Selasa (9/5).

Ia menyebut untuk waktunya belum pasti karena menunggu keputusan dari Bupati serta Forkompinda. Namun, Mendagri memperbolehkan pilkades jelang Pemilu 2024.

Rusmanto menjelaskan sudah menggelar rapat bersama Forkompinda serta KPU Batang. Keputusannya, pilkades serentak tetap dilaksanakan tahun ini.

“Sementara akhir masa jabatan tiga kades itu akan berakhir 3 Juli 2023. Sehingga estimasi awal Pilkades akan dilaksanakan bulan Juli 2023,” jelasnya.

Selama kosong, Pemkab Batang akan mengangkat Penjabat kades sampai ada kades  terpilih.

Adapun tugasnya yaitu melakukan sosialisasi sebelum pelaksanaan tahapan Pilkades, dengan mengundang BPD dan kepala desa. Lalu,  melaksanakan bimbingan teknis Panitia Pilkades.

“Untuk menaati regulasi yang ada, jangan sampai ada celah-celah yang dimanfaatkan untuk melakukan gugatan secara administrasi maupun secara perdata,” ujarnya.

Sumber: rmoljawatengah.id

 

Polda Jateng, Jateng, Polrestabes Semarang, Polres Rembang, Polres Sukoharjo, Polres Humbahas, Polda Kalbar, Polda Kaltara

Related Posts

1 of 2,612

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *