Berita

Dua Embung Baru Akan Dibangun di Sukoharjo

SUKOHARJO, Jateng – Jamin pemenuhan kebutuhan air pada sektor pertanian, Pemkab Sukoharjo menyiapkan proyek pembangunan dua embung. Setidaknya dibutuhkan anggaran Rp 1,2 miliar untuk dua embung itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno mengungkapkan, pihaknya merencanakan pembangunan embung di dua tempat. Yakni di Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter; dan Desa Pandeyan, Kecamatan Grogol.

”Anggaran dari dana APBD atas petunjuk dan arahan Ibu Bupati,” kata Bagas Windaryatno, Minggu (14/5/2023).

Menurut Bagas, keberadaan embung tersebut untuk menjamin pemenuhan kebutuhan air pada sektor pertanian. Namun tak menutup kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk perikanan, termasuk pemanfaatan untuk wisata air.

”Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan embung tersebut mencapai Rp1,2 miliar untuk pembangunan keduanya,” katanya.

Dijelaskan Bagas, kedua lokasi tersebut karena memenuhi kriteria dalam pembangunan embung. Seperti ketersediaan lahan, sumber air dan lainnya. Air hasil tampungan tersebut diperkirakan masing-masing mampu mengairi 25-30 hektare lahan persawahan, tergantung volume air yang ditampung.

”Saat ini masih dalam proses pengajuan lelang. Dalam waktu dekat sudah ada pemenang lelang dan segera dilaksanakan pembangunannya,” katanya.

Ditambahkan Bagas, pembangunan itu juga merupakan sebuah kesiapan dalam rangka menghadapi El Nino. Bagas membeberkan di Kabupaten Sukoharjo telah terbangun beberapa embung. Di antaranya Kecamatan Nguter ada di Desa Tanjung dan Juron, Kecamatan Bendosari di Desa Puhgogor dan Paluhombo. Di Kecamatan Weru berada di desa Grogol, sementara di Kecamatan Tawangsari berada di Desa Ponowaren. Di Kecamatan Polokarto ada di Desa Pranan.

Sumber: radarsolo.jawapos.com

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, Pemkab Sukoharjo, Polres Humbahas, Polda Jateng, Jateng, Polda Kalbar, Polda Kaltara, Polda Sumut, Polres Pati, Polres Batang

Related Posts

1 of 2,614

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *