Berita

Berangkat Akhir Mei 2023, Calon Haji di Batang Jalani Pemeriksaan Kesehatan

BATANG, Jateng – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah mulai melakukan pemeriksaan kepada jemaah calon haji 2023.

Pihaknya ingin memastikan kondisi kesehatan mereka sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Didiet Wisnuhardanto mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap jemaah calon haji di antaranya pengecekan darah (hematology), kadar gula, dan kondisi kolesterol.

“Ya, kami lakukan pemeriksaan kesehatan para calon haji agar nantinya saat menjalankan ibadah bisa lancar tanpa ada keluhan sakit,” katanya, Selasa (9/5/2023).

Ia yang didampingi Koordinator Laboratorium Medis Dinkes Batang, Arif Agung mengatakan jemaah calon haji harus menjalani puasa selama enam jam sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan di laboratorium.

Selain itu, kata dia, jemaah calon haji akan diambil urinenya untuk diketahui kondisi kesehatan mereka. Jemaah calon haji tersebut, lanjut dia, adalah jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada akhir Mei 2023.

“Itu rangkaian prosedur yang dilakukan untuk mendeteksi potensi gangguan (skrining kesehatan) agar diketahui layak atau tidak seorang calon haji dapat berangkat ke Tanah Suci,” imbuhnya.

Setelah pengecekan darah, calon haji yang diketahui mengidap suatu penyakit dapat segera mendapatkan pengobatan atau penanganan lebih lanjut.

“Boleh tidaknya seorang calon haji berangkat akan ditentukan oleh petugas haji. Kami hanya melaporkan hasil pemeriksaan kondisi kesehatan jemaah calon haji saja,” tutupnya.

Sumber: tvonenews.com

 

Polda Jateng, Jateng, Polrestabes Semarang, Polres Rembang, Polres Sukoharjo, Polres Humbahas, Polda Kalbar, Polda Kaltara

Related Posts

1 of 2,650

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *