Berita

7 Hektar Lahan Hutan di Desa Sinambela Humbang Hasudutan Terbakar

HUMBAHAS – Kebakaran lahan dan hutan (Karhulta) seluas 7 hektar terjadi di Desa Sinambela, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas), Sumatera Utara. Kebakaran itu melanda sejak Sabtu (13/5/2023) hingga Minggu (14/5/2023).

Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto mengatakan, kebakaran pertama kali dilaporkan warga pada Sabtu (13/5/2023) pukul 16.30 WIB. Saat itu, polisi bersama TNI, BPBD dan pemadam kebakaran turun ke lokasi untuk memadamkan api.

“Upaya pemadaman api dilakukan untuk mencegah kebakaran semakin meluas dan berdampak pada terjadinya kabut asap yang ditimbulkan,” ujar Hary dalam keterangannya, Minggu (14/5/2023).

Saat proses pemadaman, tim gabungan sempat mengalami kesulitan karena lokasi karhulta berada di tengah pegunungan yang terjal. Jalan menuju ke titik api sulit diakses.

Namun, setelah berjibaku selama 12 jam, akhirnya api bisa dipadamkan.

“(Jadi) untuk luas lahan yang terbakar diperkirakan seluas enam sampai dengan tujuh hektar,” kata Hary.

Adapun untuk penyebab kebakaran, polisi masih mendalaminya.

“(Tetapi) kami juga mengingatkan kepada masyarakat, agar tidak membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar karena pelaku dapat dihukum pidana,” tandas Hary.

SUMBER : Kompas.com

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Polda Jateng, Jateng, Polres Rembang, Polres Sukoharjo

Related Posts

1 of 2,611

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *