Berita

40 Ribu Kendaraan Masih Bertahan di Jateng, Polisi Siapkan One Way untuk Arus Balik

SEMARANG, Jateng – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah menyatakan masih ada 9 persen pemudik yang belum balik ke kota asalnya. Jumlah 9 persen tersebut, maka diperkirakan 30.000 hingga 40.000 kendaraan pemudik masih bertahan di Jawa Tengah.

“Jadi kendaraan pemudik yang masuk Gate Tol Kalikangkung pada arus mudik sejumlah 397.168 unit. Sudah kembali 92 persen pada arus balik. Sehingga sisa semalam dan hari ini pemudik yang masih tertahan di Jateng tinggal 9 persen atau sebanyak 30.000-40.000 kendaraan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Senin (1/5).

Dia menyebut para pemudik yang masih tertahan kemungkinan memutuskan melanjutkan perjalanan arus balik ke Jakarta dan Jatim sore ini senin (1/5). Sebab pekerja hari selasa (2/5) sudah masuk kerja.

“Mungkin mereka (pemudik) berangkat ke Jakarta nanti sore atau nanti malam. Tapi saya rasa lonjakan volume kendaraan tidak terlalu signifikan ketimbang kondisi puncak mudik atau awal arus balik kemarin,” ungkapnya.

Arus Mudik & Balik Selesai, Ruas Fungsional Tol Cisumdawu Ditutup Kembali Hari Ini
Pihaknya tetap melakukan antisipasi bila terjadi lonjakan arus volume kendaraan sisa pemudik yang melakukan perjalanan arus balik dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

“Kita monitor arus kepadatan lalu lintas di gerbang Tol Kalikangkung maupun akses jalan raya nontol penghubung antar kabupaten/kota,” jelasnya.

Terkait pemberlakuan sistem one way, polisi akan melakukan evaluasi jam 24.00 WIB nanti malam. Adapun puncak arus balik Lebaran terjadi dua kali di Jateng. Yaitu puncak arus balik pertama tanggal 25 April dengan total volume kendaraan pemudik 55.187 unit. Kemudian puncak arus balik kedua muncul tanggal 29-30 April dengan volume kendaraan pemudik 55.000 unit.

“Saat one way rest area bisa digunakan semuanya, jadi masih menampung volume arus balik. Mudah-mudahan one way bisa kita selesaikan jam 24.00 nanti. Karena puncak arus baliknya sudah terjadi tadi malam dan hari ini,” ujarnya.

Polda Jateng juga adakan program presisi dengan memberangkatkan 400 bus bagi pemudik saat arus balik. Dengan program tersebut nantinya bisa menjaga budaya bangsa terutama meningkatkan ketertiban berlalu lintas.

“Untuk evaluasi momen libur Lebaran tahun ini, kalau ada kepadatan itu hal yang wajar. Karena orang sedang rayakan Idulfitri. Momen Lebaran jadi kultur bangsa kita,” tandas Agus.

sumber: merdeka.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Polda Jawa Tengah, Jateng, Polrestabes Semarang, Polres Rembang, Polda Kalbar, Kalbar, Polda Kaltara, Kaltara, Polres Pangandaran

Related Posts

1 of 2,629

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *